Jumat, 21 Oktober 2011

Apa Itu LGA 2011, AMD Bulldozer & Intel Ivy Bridge ?


Salah satu pekerjaan saya adalah me-review game komputer, nah kemarin pada saat bermain game Call of Duty: Black Ops saya merasakan bahwa performa komputer saya sudah tidak menunjang lagi, sebelumnya saya juga mengalami hal yang sama ketika bermain game Shift 2: Unleashed. Processor saya memang sudah kuno :D saya masih menggunakan Intel Pentium Dual-Core E5200 2.5 GHz, kalau VGA card sama memory sih masih menunjang (GIGABYTE ATI Radeon HD 5770 1 GB GDDR5 dan Kingston 4 GB DDR2). Setelah googling saya malah jadi bingung, mau pilih beli processor Intel Q9400 menggunakan sistem yang sama (motherboard LGA 775 dan memory DDR2) atau beli Intel i5 2500 dan beralih ke sistem yang baru (motherboard LGA 1156 dan memory DDR3). Nah pada saat googling lagi saya menemukan kata LGA 2011, AMD Bulldozer dan Intel Ivy Bridge disinggung di beberapa forum situs tentang hardware komputer ternama.
Intel vs AMD

Jadi apa LGA 2011, AMD Bulldozer dan Intel Ivy Bridge itu ? LGA 2011 adalah socket processor yang akan dirilis Intel dimasa yang akan datang, katanya sih akan dirilis pada kuartal keempat tahun 2011 untuk menggantikan LGA 1366, saya sempat bertanya-tanya juga apa sih bedangan LGA 1156 dan LGA 1366 karena processor yang bisa dipasang di LGA 1366 juga bisa dipasang di LGA 1156 ? setelah saya cari tahu ternyata bedanya adalah pada segementasi pasar, jadi kalau LGA 1156 itu untuk pasar mainstream, nah kalau yang LGA 1366 itu untuk kelas high-end, analoginya sama seperti bedanya i5 dan i7 lah ya.
Bahas yang Intel-Intel aja dulu kali ya, sekarang apa itu Intel Ivy Bridge ? Ivy Bridge adalah nama kode untuk generasi processor Intel yang akan datang, Ivy Bridge ini akan diproduksi menggunakan teknologi pabrikasi (die shrink) 22 nm, wow !! lama-lama bisa 0.01 nm kali ya :D Rumornya Ivy Bridge ini akan dirilis Intel sekitar bulan Maret – April 2012. O ya, kabar gembiranya adalah Ivy Bridge ini katanya akan mendukung motherboard LGA 1156. DIbandingkan Sandy Bridge, performa Ivy Bridge ini katanya akan meningkat 20% pada sisi performa CPU dan 60% pada sisi integrated graphic-nya.
Sekarang apa itu AMD Bulldozer ? nah ini yang saya tunggu-tunggu dalam waktu dekat, AMD Bulldozer adalah nama kode generasi processor AMD yang menggunakan teknologi pabrikasi 32 nm, untuk server diberi nama kode “Interlagos” dan untuk desktop diberi nama kode “Zambezi”. Yang Interlagos sudah dirilis pada bulan September 2011, nah yang Zambezi ini katanya sih tidak lama lagi, mungkin bulan ini kali ya, kita tunggu saja. Jadi AMD Bulldozer ini adalah generasi processor 32 nm-nya AMD yang bisa jadi adalah jawaban atau mungkin tantangan mereka untuk Intel Sandy Bridge yang menuai banyak review positif di internet.

credit: http://komponenkomputer.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar