Jumat, 21 Oktober 2011

Galaxy Nexus: Pertama dengan Android 4.0

alt
Samsung dan Google hari ini (19/10) mengumumkan secara resmi keberadaan Galaxy Nexus, smartphone pertama yang mengadopsi Android versi terbaru 4.0 atau biasa disebut Ice Cream Sandwich.
Layaknya sistem operasi baru, Android 4.0 menawarkan beberapa feature paling gres Android, seperti Android Beam dan Face Unlock.
Android Beam adalah fasilitas berbasis NFC (Near Field Communication) yang memungkinkan transfer data hanya dengan menempelkan dua smartphone berbasis Android. Sementara Face Unlock adalah fasilitas untuk membuka (unlock) layar menggunakan identifikasi wajah pengguna.
Aplikasi baru lainnya di Android 4.0 adalah People yang menyajikan blok-blok besar berisi foto—mirip seperti tampilan Windows Phone. Menekan sebuah kontak di aplikasi People tersebut akan membuka foto orang tersebut beserta pilihan jalur untuk menghubungi orang tersebut, termasuk akun LinkedIn dan Twitter-nya.
Selain fasilitas baru tersebut, Ice Cream Sandwich juga memberikan update minor untuk aplikasi bawaan Android. Salah satunya adalah tersedianya pilihan di browser untuk membuka situs versi penuh; bukan versi mobile yang menjadi pilihan default browser.
Browser tersebut juga memiliki fasilitas menyimpan halaman jika ingin membaca sebuah situs tanpa terhubung ke internet. “Fasilitas ini cocok digunakan bagi Anda yang ingin menyimpan jadwal kereta, tiket konser, atau boarding pass,” ungkap Hugo Barra, Product Management Director Google.
Secara hardware, Galaxy Nexus terlihat memiliki bezel (area pinggiran layar) yang kecil dengan tampilan depan yang sedikit melengkung. Tebalnya hanya sekitar 8,4mm dengan bobot 140gram. Sebagai “mesin”, Galaxy Nexus menggunakan prosesor dual-core berkecepatan 1,2GHz yang menjanjikan kinerja tingkat tinggi.
Samsung Galaxy Nexus akan tersedia di pasaran Amerika, Eropa, dan Asia pada bulan November 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar