Jumat, 21 Oktober 2011

AVI: Bisa Menghadang 1 Juta Virus!


Kini server update AVI telah aktif kembali. Dengan database mencapai 1 juta virus, AVI akan melindungi Anda dari semua bahaya.
Namun sebelumnya kami harus mengajukan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada pengguna setia AVI (AntiVirus InfoKomputer). Pasalnya, sudah cukup lama server update AVI tidak aktif.
Permasalahan yang kami hadapi adalah seringnya server mengalami overload menghadapi banjirnya permintaan update pengguna AVI. Setiap kali kami menambah daya, setiap kali pula server tersebut harus “menyerah” kalah.
Akan tetapi kini kami telah menemukan solusinya. Mengambil momentum cloud computing, kami pun menempatkan server update AVI di jaringan Infinys System.
 
Seperti pernah kami ungkap, Infinys System adalah salah satu penyedia layanan cloud computing pertama di Indonesia, yang jaringan dan reliabilitasnya sudah sangat terbukti. Dengan menaruh server update di infrastruktur mereka, kami yakin AVI akan kuat melayani kebutuhan pengguna setianya.
 
Setelah aktif, Server AVI akan memberikan layanan auto-update. Maksudnya, AVI yang telah terpasang di komputer Anda akan otomatis melakukan update apabila terdapat pembaruan terbaru. Sedangkan untuk database Clamav akan selalu di-update tiap hari, sehingga Anda tidak perlu menunggu bulan depan untuk mendapatkan AVI terbaru.
 
Adapun secara teknis update yang kami sediakan dibedakan menjadi 3 macam: 
1. Full update. Sebuah update disebut “penuh” apabila seluruh komponen AVI perlu mengalami pembaruan dari core engine sampai database
2. Patch update. Update ini terjadi apabila hanya beberapa komponen saja yang butuh diperbarui. Pada kasus ini, auto-update tidak perlu mengunduh keseluruhan data, melainkan hanya beberapa data yang diperlukan saja.
3. DB update. AVI pun dapat melakukan update database secara otomatis. Pembaruandatabase atau DB update dibagi menjadi 2 macam: Full dan delta. Disebut full update apabiladatabase diperbarui dengan cara menimpa DB lama dengan DB baru. Pada plugin Clamsav, hal ini bisa terjadi pada daily update yang sudah lebih dari seminggu tidak diperbaharui. Yang perlu dicatat, full update biasanya memakan banyak bandwith.  Ada pula delta update yang terjadi jika pembaruan database terjadi secara parsial menggunakan algoritma differensiasi. Cara ini menghemat penggunaan bandwith karena hanya memperbarui bagian yang diperlukan saja. Secara default, plugin Clamsav menggunakan teknik ini.
 
Selain layanan auto-update, server AVI ini juga digunakan untuk mengunduh update terbaru. Hal ini sangat bermanfaat apabila Anda ingin melakukan update tetapi tidak memiliki koneksi sendiri, sehingga Anda bisa mengunduhnya melalui koneksi dari luar seperti dari warnet. 
 
AVI yang kami sediakan di server update sudah dilengkapi dengan plugin Clamsav. Plugin ini mampu menambah kemampuan AVI dalam mendeteksi ratusan ribu virus mancanegara, sehingga saat ini sudah sekitar 1 jutaan lebih virus yang dapat dideteksi. Server AVI  juga kami jadikan repository sehingga Anda bisa mendapatkan AVI dari versi lama sampai versi terbaru. Setiap ada update, kami tidak akan menghapus versi lamanya hingga 5 versi terakhir. Hal ini bermanfaat apabila ada inkompatibilitas antar versinya, sehingga memudahkan kami dalam melakukan troubleshooting untuk keperluan bug fixing.  
 
Ke depannya, kami juga akan menjadikan server update ini sebagai tempat berkumpulnyaplugin AVI, sehingga Anda bisa mengunduh secara terpisah antara AVI dan plugin-nya.
 
Untuk mendapatkan AVI, silakan unduh di sini (44MB). Jika ukurannya terlalu besar, Anda bisa mendapatkan AVI di DVD InfoKomputer tiap bulannya. 
 
Jika ingin mengikuti perkembangan AVI, silahkan gabung ke channel AVI-Antivirus di www.mindtalk.com. Di sana akan tersedia tanya jawab, bug report, atau tips dan trik dalam mengatasi masalah yang berkaitan dengan virus komputer.
 
Akhir kata, selamat menikmati AVI!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar